Tutorial Pemula Onshape | Membuat Ulir Menggunakan Thread Creator

Dalam membuat ulir biasanya kita harus menggambarnya secara manual. Nahh, disini saya akan menunjukan cara untuk membuat ulir yang lebih gampang. Simak baik-baik langkah berikut ini.

1. Pertama, tentu saja kalian harus punya model/objek yang akan dibuatkan ulir. Sebagai contoh, kali ini saya buat sebuah baut M12.


2. Setelah objeknya dibuat, kita tambahkan dulu tool “Thread Creator”

3. Klik “Add Custom Features”

4. Pilih “Community Spotlight”

5. Kemudian, search “Thread”

6. Setelah itu, akan muncul tulisan “threadcreator.fs”

7. Nah, tinggal kita klik tulisan tersebut, lalu akan muncul tool “Thread Creator”

8. Klik saja tool “Thread Creator” tersebut. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan bahwa tool sudah ditambahkan.


9. Setelah ditambahkan, gunakan tool tersebut

10. Akan muncul sebuah menu, kalian tinggal klik saja dibagian mana yang akan dibuatkan ulir. Disini saya pilih di bagian batang baut.

11. Di bagian Thread Profile, kalian bisa mengubahnya menjadi standard yang kalian inginkan. Disini saya pilih “ISO Standard”

12. Kalian juga bisa mengubah arah ulirnya menjadi ke kiri di opsi “Left Hand Thread”


13. Untuk mengatur pitch-nya, ada di bagian “Pitch”. Saya masukan 1.75 mm

14. Ada juga bagian Number Of Starts, Length Type (Fully Threaded, Turns, Distance) dan Start Tapper. Tapi disini, saya tidak mengubah semua itu

15. Okee setelah selesai, kalian klik tanda ceklis untuk mengonfirmasi. Dengan adanya tool ini kalian bisa lebih mudah dalam membuat ulir.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Onshape 3D CAD | Membuat Sketch 2D dan Objek 3D

Tutorial Pemula Onshape | Langkah Membuat Objek Menggunakan Extrude